Akupunktur Terbukti Bisa Sembuhkan Nyeri Kronis

Teknik pengobatan akupuntur sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu di China. Tapi penggunaan akupuntur masih dikesampingkan dalam dunia medis meski pengobatan ini diketahui mampu meredakan nyeri serta mengurangi gejala-gejala akibat kondisi tertentu seperti mual akibat kemoterapi atau insomnia.

Hal ini mendorong munculnya sebuah review yang akhirnya membuktikan bahwa akupuntur memang bisa membantu meredakan nyeri sakit kepala, sakit punggung dan arthritis kronis.

Sebelumnya banyak pakar yang percaya bahwa 'kekuatan' dari akupuntur hanya terletak pada efek psikologis atau plasebonya. Sebagian dokter mengaku takkan menawarkannya pada pasien meskipun mungkin pengobatan ini akan membuat kondisi pasien menjadi lebih baik.

Setelah mengamati 29 studi yang melibatkan 18.000 orang dewasa, peneliti menyimpulkan bahwa teknik pengobatan dengan menggunakan jarum itu dapat bekerja lebih baik daripada pereda nyeri biasa.

"Hasil tinjauan ini memberikan bukti paling kuat bahwa akupuntur merupakan opsi pengobatan yang masuk akal," ungkap peneliti yang diantaranya berasal dari Memorial Sloan-Kettering Cancer Center di New York serta sejumlah universitas di Inggris dan Jerman.

Peneliti pun memaparkan bahwa review ini telah mengkombinasikan sejumlah studi yang melibatkan penderita beberapa jenis nyeri kronis seperti sakit kepala, arthritis, nyeri punggung, leher dan bahu kambuhan. Studi-studi itu pun telah meminta partisipan menggunakan akupuntur ataupun teknik pengobatan standar, termasuk obat-obatan atau terapi fisik secara acak.

Tak lupa peneliti juga menjelaskan statistik temuan mereka dengan menggunakan skala nyeri 0-100. Awalnya diketahui bahwa kadar nyeri pasien rata-rata sebesar 60; angka ini turun jadi 30 pada pasien pengguna akupuntur dan 43 pada kelompok yang memakai pengobatan biasa

Sumber : detikhealth

No comments:

Post a Comment