Auriculotherapy, Akupunktur Gaya Baru untuk Wanita yang Ingin Hamil


Baru-baru ini aktris terkemuka asal AS, Penelope Cruz terlihat mengenakan semacam tindikan di telinganya saat menghadiri premier film terbarunya, Venuto Al Mondo di Madrid, Spanyol. Uniknya, sejumlah tindikan berwarna emas itu memunculkan rumor bahwa aktris berusia 38 tahun itu dan suaminya, aktor Javier Bardem tengah berencana memberikan putra pertama mereka seorang adik.

Tapi itu bukanlah sembarang tindik atau tren tindik terbaru melainkan auriculotherapy. Ini merupakan salah satu bentuk alat bantu akupunktur yang berfungsi melawan stres, nyeri dan ketidaksuburan.

"Auriculotherapy dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesuburan tapi titik-titik kesuburan tidak terletak di telinga. Yang dikenakan Cruz adalah protokol standar untuk orang-orang yang memiliki kesibukan dan stres yang tinggi," terang Jill Blakeway, direktur pusat pengobatan alternatif, YinOva Center yang berbasis di Manhattan.

Menurut Blakeway, auriculotherapy memanfaatkan titik-titik refleksologi di telinga agar bisa terhubung dengan bagian lain di tubuh. Titik-titik itulah yang membantu Cruz menstabilkan denyut jantung, menenangkan pikiran dan menyeimbangkan tubuhnya. 

"Dan auriculotherapy memang terbukti sangat efektif," tandasnya seperti dikutip dari abcnews, Senin (28/1/2013).

Selama sesi terapi, jarum-jarum auriculotherapy-nya dimasukkan ke telinga bagian luar sedalam seperempat inci. Kemudian di akhir terapi, jarumnya dicabut dan digantikan oleh semacam logam tindik berwarna emas atau perak yang 'ditempelkan' ke telinga dengan perban khusus yang diklaim dapat memaksimalkan pengobatannya.

"Metode ini cukup populer untuk relaksasi. Kami juga melakukannya untuk mencegah lapar, bagi orang-orang yang sedang diet," kata Blakeway.

Tak hanya itu, akupuntur dapat mengobati gangguan tubuh yang telah berlangsung lama dan kronis seperti arthritis, iritasi usus, asma, alergi dan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan kemandulan, lanjut Blakeway.

Sependapat dengan hal itu, Dr. William Hurd, kepala divisi endokrinologi reproduksi dan infertilitas dari University Hospitals Case Medical Center, Cleveland mengatakan, "Beberapa studi telah menunjukkan bahwa akupuntur meningkatkan peluang keberhasilan IVF (in-vitro fertilization atau prosedur bayi tabung). Tapi karena datanya yang terbatas, kami tidak merekomendasikannya, kendati begitu kami tetap menawarkan prosedur ini."

Hurd menduga akupunktur memberikan efek pereda stres pada sejumlah pasien sehingga meningkatkan peluang kehamilannya.

"Stres karena tak bisa hamil justru membuat pasien susah hamil jadi kami mendorong setiap orang agar mencoba berbagai hal yang mereka anggap dapat membantu mengatasi stres," pungkas Hurd.

sumber : detikhealth

No comments:

Post a Comment