Separuh Wajah Rano Karno Tampak Kaku akibat Terserang Bell's Palsy

Terserang Bells Palsy, Separuh Wajah Rano Karno Tampak Kaku
Serang, Banten, Aktor senior yang bakal ditetapkan sebagai gubernur definitif Banten, Rano Karno, terserang bell's palsy. Akibatnya, separuh wajah pemeran Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu kaku separuh.

Kondisi itu dialami Rano dalam tiga pekan terakhir. "Saya harus rutin terapi. Kata dokter insya Allah bisa sembuh dalam waktu 6 bulan asal terapinya disiplin," ungkap Rano, Kamis (26/2/2015).

Akibat bell's palsy yang dialami, penglihatan sebelah kiri Rano pun terganggu. "Ini kan jadi nggak bisa dipejamkan. Ya jadi agak kabur," tukasnya.

Kakunya separuh wajah Rano mengakibatkan mulutnya terlihat miring. Kondisi ini sepertinya cukup menyulitkan untuk berbicara. Sebenarnya dokter menyarankan Rano untuk beristirahat, namun karena tuntutan pekerjaan, saran itu tidak bisa dijalaninya.

dr Fitri Octaviana Sumantri, SpS(K), M.Pd.Ked dari RS Cipto Mangunkusumo, beberapa waktu lalu mengatakan bell's palsy bisa terjadi karena udara dingin dan paling sering disebabkan karena herpes zoster. Kaku pada satu sisi wajah terjadi karena selubung sarafnya membengkak. Biasanya dalam waktu 2-3 minggu setelah diobati pasien sudah pulih.

Semakin cepat diobati, maka waktu pemulihan pasien pun lebih cepat. Untuk pengobatan bell's palsy, biasanya pasien akan diberi obat oral berupa kortikosteroid yang dibarengi dengan fisioterapi atau akupuntur untuk mengembalikan lagi fungsi otot-otot di salah satu sisi wajah yang kaku.

"Bell's palsy bisa juga karena dingin akibat tidur dengan AC yang terlalu nyentrong (menyorot) di satu sisi aja. Atau tidur di lantai dengan satu sisi wajah menempel di lantai, kan dingin itu. Yang pasti bell's palsy ini berbeda dengan gejala stroke," tutur dr Fitri.

Sumber : detikhealth

No comments:

Post a Comment