Menopause Bikin Mood Berantakan? Coba Atasi dengan Akupunktur

Menopause Bikin Mood Berantakan? Coba Atasi dengan Akupunktur
Terapi tusuk jarum atau akupunktur memang terbukti bisa mengurangi rasa nyeri, sakit kepala, depresi, bahkan untuk meningkatkan kesuburan wanita atau pria. Tak berhenti sampai di situ, secara khusus akupuntur pun bisa bermanfaat lho bagi para wanita.

Sebab, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari terapi akupunktur khususnya untuk wanita yang sudah menopause, seperti dikutip dari Health Me Up, Jumat (21/2/2014) berikut ini:

1. Membantu menyeimbangkan mood
Teori akupuntur menunjukkan bahwa gangguan dalam keseimbangan energi Yin dan Yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan sistem hormonal yang berpengaruh pada perubahan mood. Maka dari itu, akupunktur dipercaya dapat membantu memperkuat dan menyeimbangkan energi sehingga ketidakseimbangan mood bisa diatasi.

2. Mengurangi keringat di malam hari
Keluar keringat berlebih di malam hari atau hot flashes menurut seorang ilmuwan di Turki bisa diturunkan kejadiannya dengan akupuntur. Ilmuwan tersebut mengadakan penelitian yang menunjukkan 35 persen hot flashes bisa dikurangi lewat terapi akupunktur.

3. Mengatasi rasa lelah
Perubahan hormonal dalam tubuh wanita yang sudah menopause kebanyakan membuat wanita sering kelelahan tanpa sebab. Untuk mengatasi kondisi ini, akupunktur bisa diandalkan dengan meningkatkan tingkat energi dalam tubuh.

4. Meredakan rasa sakit dan nyeri
Wanita yang melakukan akupunktur juga melaporkan terapi tersebut bisa meredakan nyeri ototnya. Sebab, terapi ini dikenal bisa mengurangi tekanan dan meningkatkan sirkulasi darah yang secara alami melepaskan hormon endorfin sebagai obat alami rasa sakit tersebut.

5. Meringankan depresi
Seiring dengan menyeimbangkan hormon dan meredakan rasa nyeri, akupunktur juga bisa menurunkan tingkat depresi yang dialami wanita menopause.

Sumber : detikhealth

No comments:

Post a Comment